Laman

Soal pertanyaan mengenai Sistem Keamanan Tek. Informasi

Soal :

1. Enkripsi pesan "TURN BACK HOAX" dengan kata kunci "PERANG" enkripsi dengan Vigenere
    Cipher
2. Dalam pengembangan sistem informasi, dibutuhkan juga aspek pengamanan komputer, sebutkan        dan berikan contohnya
3. Bagaimana cara untuk menangani web browser yang terkena malware?
4. Dokumen yang sifatnya rahasia di Divisi Finance dapat dilihat oleh divisi lainnya, bagaimana cara      penanganan agar kerahasiannya terjaga?
5. Ketika sedang browsing tiba-tiba koneksi internet lambat, setelah ditelusuri terdapat serangan              DDOS, bagaimana menanganinya


Jawab :

1. Jawaban untuk no.1 kebetulan saya sudah membuat aplikasi untuk Vigenere Cipher dengan bantuan Jurnal ini. dengan hasil uji seperti ini.


"TURN BACK HOAX" dengan kata kunci "PERANG" maka akan menjadi Cipher Text "iyin ogro yond"

2.  1. Privacy
         Data-data penting seperti Nama, No.KTP, Tempat Tinggal, PIN, Kartu Kredit, dan lain-lain yang menyangkut hal pribadi yang tidak boleh di publikasi sembarangan.

     2. Integrity
         Pada saat pengiriman pesan di intervensi saat pengiriman dan diubah isinya
      
     3. Non-repudiation
         Saat ada pembeli online shop dan komplen jika barangnya tidak sampai maka harus ada bukti percakapan yang mengandung transaksi.


3. Ada 2 cara untuk menangani web browser terkena malware yang sudah akut parah :

    1. Download Adwcleaner di sini, lalu install software tersebut dan gunakan untuk membersihkan malware sementara. lalu pergi web browser dengan menyelediki extension atau add ons yang tiba-tiba terinstall di web browser, kemudian remove saja yang tidak perlu atau mencurigakan. Clear browsing data. Kemudian restart web browser.

    2. Jika masih terkena juga dan frustasi lantaran kesal silahkan install ulang web browser dengan catatan menghapus seluruh data sampai tidak ada yg tersisa di file partisi sistem. Di rekomendasikan menggunakan software Uninstaller seperti ini akan menghapus hingga keakarnya! Bye jamur maksud saya bye Malware!.

4. Cara untuk menangani dokumen rahasia pada divisi finance biar divisi lain ga bisa usil!
    Disini saya sudah menyiapkan aplikasi untuk pengamanan file yang berbagai macam format                seperti yang tercantum pada jurnal ini.
    Begini implementasinya :


   Klik browser cari file yang ingin di amankan atau di enkripsi


   Misalkan file tersebut yang ingin di enkripsi, Klik open.


  Masukkan Password sehingga file jauh lebih aman jika misalnya akan di deskripsim, kemudian klik    Encrypt.



  
  Untuk mengembalikan file tersebut keseperti semula maka tinggal pilih decrypt, cara nya hampir sama dengan encrypt menyamakan password yang sudah ditentukan
  Maka file yang sudah di enkripsi akan menjadi seperti ini, sehingga teman-teman kamu yang usil ga    bisa usil deh, oh ya bisa juga loh enkripsi file video (IYKWIM).


5. Untuk menangani serangan DDOS yang membuat koneksi internet kita lelet, bisa menggunakan         dengan Snort dan PfSense, untuk mendeteksi IP Address dan ancaman yang dibuat. dengan fitur         pada PfSense bisa memblokir IP penyerang supaya penyerang tidak bisa lagi mengakses jaringan       komputer/jaringan korban. Selengkapnya lagi baca Jurnal ini.



Note : Tulisan ini 95% Murni pemikiran sendiri, bahasa sendiri, analisa sendiri dari berbagai jurnal, mohon maaf jika kata-kata kurang sopan, jika ada yang mengcopy ini berarti itu temen sekelas saya. Tulisan ini bersifat tugas, Bisa dihapus sewaktu-waktu. 

Sumber Jurnal :

http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/584

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=515209&val=6632&title=MENGENAL%20LEBIH%20DEKAT%20KRIPTOGRAFI%20KLASIK%20VIGENERE%20CHIPPER%20MENGGUNAKAN%20VISUAL%20BASIC%20NET


https://www.researchgate.net/publication/301771874_ALGORITMA_KRIPTOGRAFI_AES_RIJNDAEL








Tidak ada komentar:

Posting Komentar